Resensi Novel "Rahasia 2 Hati"

17.05 0 Comments A+ a-





Judul Buku      : Rahasia 2 Hati
Penulis             : Muthmainnah
Penerbit           : Pingkan Publishing (Distributor Indiva)
Tahun terbit     : Shafar 1433 H/Januari 2012
Tebal buku      : 496 halaman


Pernahkah terpikir seorang muslimah pribumi menikah dengan bule mualaf dan tinggal di luar negeri? Novel ini telah melakukannya, mengurainya lewat kisah cinta yang haru-biru. Dua hati, dua latar budaya, satu cinta.
Novel karangan Muthmainnah ini berkisah tentang hubungan persahabatan Tita dan Harry yang berujung pada rasa yang lebih dalam, cinta. Tita Putri adalah gadis Minang yang tomboy, cuek, tetapi perhatian dan idealis. Sedangkan Harry Woodman adalah pemuda Inggris nan tampan dan kaya raya. Dua hati berbeda kultur tersebut bertemu di Padang. Yakni saat Harry menjadi siswa pertukaran dan menetap setahun di kota itu. Tita menemani Harry sebagai contact person.
Waktu berlalu, benarlah kata pepatah, cinta datang karena terbiasa bersama. Persahabatan Tita dan Harry berujung kepada sebuah rasa yang seharusnya belum diijinkan untuk hadir. Kedua insan tersebut sama-sama menolak rasa itu dengan alasan yang berbeda. Namun pada akhirnya, hati memenangi logika. Beberapa waktu kemudian, Harry memutuskan menjadi mualaf.
Badai menerpa, masa lalu Harry dengan pacarnya menimbulkan masalah baru. Masalah yang berujung pada merenggangnya hubungannya dengan Tita. Lalu, apakah hubungan Harry dan Tita benar-benar berakhir? Temukan jawaban lengkapnya pada novel ini!
Rahasia dua hati, tidak sekedar kisah cinta. Novel ini secara jelas menggambarkan latar budaya di ranah Minang. Pula dengan sangat apik mendeskripsikan London dengan keelokan bangunannya. Rahasia dua hati bercerita tentang catatan ringan Antropologi pengamat budaya Inggris. Rahasia dua hati menyiratkan nilai-nilai dalam membangun rumah tangga dengan dinamikanya. Nilai tentang keteguhan memegang prinsip ideologi dan tentu saja nilai tentang hakikat cinta.